Ragam Tempat Wisata Seru Di Berbagai Wilayah Indonesia Dan Dunia

25 Tempat Wisata Di Magelang Jawa Tengah Selain Borobudur


Tempat Wisata Magelang - Magelang terdiri atas 3 kecamatan, yaitu Magelang Selatan, Magelang Tengah dan Magelang Utara dan terdapat beberapa kecamatan didalamnya. Kota ini memiliki lokasi yang strategis, karena berada di jalur utama Jogja - Semarang dan berada kurang lebih 75 km sebelah selatan Semarang, 15 km sebelah utara Mungkid dan 43 km sebelah utara Jogja.

Di Magelang terdapat berbagai peninggalan bersejarah yaitu, candi Borobudur, candi Pawon, candi Mendut, dbs. Kota ini semakin terkenal di Indonesia maupun diberbagai penjuru dunia karena terdapat candi Borobudur yang menjadi salah satu bagian dari keajaiban dunia. Tidak hanya itu saja, disini juga terdapat banyak tempat wisata menarik yang patut anda dikunjungi dan tidak kalah menarik dengan tempat wisata yang ada di Indonesia. Berikut informasinya:

Alun-alun Kota Magelang

Untuk mengisi waktu santai di sore atau malam hari, anda juga dapat mengunjungi Alun-alun Kota Magelang. Selain tempatnya strategis yaitu ditengah kota, di Alun-alun Magelang juga terdapat kawasan pusat perdagangan yaitu di jalan Pemuda. Di situ banyak sekali tempat belanja dan tempat-tempat umum lain yang bisa anda nikmati, salah satunya adalah, Matahari, Tidar Theatre, Gardena swalayan dan Trio Plaza.

Selain sebagai pusat umum, Alun-alun Magelang juga terdapat berbagai sarana ibadah untuk agama Islam, Kristen, Katholik dan Konhuchu. Ada juga menara yang menjulang tinggi sekitar 15 meter yang merupakan peninggalan Belanda dan saat ini digunakan sebagai PDAM dan menjadi salah satu land mark Kota Magelang.

25 Tempat Wisata Di Magelang Jawa Tengah Selain Borobudur

Taman Panca Arga

Panca Arga merupakan perumahan tempat tinggal para pemimpin dan anggota TNI-AD yang berkantor di AKMIL. Panca Arga berasal dari panca berarti 'lima' dan arga berarti 'gunung'. Dengan kata lain, Panca Arga adalah kawasan yang dikelilingi lima gunung besar seperti Gunung Sumbing, Gunung Merbabu, dan Gunung Merapi yang saat ini merupakan salah satu gunung yang paling aktif di Pulau Jawa. Gunung Tidar-lah gunung yang terletak di tengahnya. Panca Arga tidak hanya merupakan perumahan TNI-AD. Di sana terdapat sekolahan dan taman rekreasi yang cukup terkenal bernama "Taman Rekreasi Panca Arga". Di taman tersebut bukan hanya terdapat ayunan dan berbagai macam jenis permainan anak saja. Namun terdapat tank-tank peninggalan Belanda dan meriam-meriam yang digunakan saat perang kemerdekaan Indonesia. Dengan begitu, selain sebagai taman bermain anak, taman Panca Arga merupakan salah satu sarana untuk menanamkan jiwa kemerdekaan, nasionalisme dan rasa hormat terhadap para pejuang TNI-AD yang gugur di medan perang untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

25 Tempat Wisata Di Magelang Jawa Tengah Selain Borobudur

Bukit Tidar

Bukit Tidar terletak di dalam kompleks Akademi Militer yang terkenal sebagai Paku pulau jawa, merupakan Bukit yang terletak di bagian Magelang Selatan dan terdapat beberapa makam dan petilasan leluhur masyarakat Magelang, seperti petilasan penyebar agama Islam di Jawa Tengah yakni petilasan Syekh Subakir dari Persia. Bukit Tidar terletak di Kelurahan Magersari, kecamatan Magelang Selatan. Anda dapat mengunjungi melewati dua jalan,yaitu lewat Pasar Burung dan lewat samping Akademi Militer dengan naik angkot jalur 6, 8, 10, dari Terminal Soekarno-Hatta turun di Perempatan Pasar Burung, untuk melalui jalan samping Akademi Militer anda dapat melanjutkan perjalanan dengan angkot jalur 2 setelah turun di Shopping Centre. Sekarang telah dibangun jalan pintas menuju bukit tidar tempatnya di belakang terminal lama. Bukit Tidar memang tidak terlalu tinggi, tetapi pohon-pohonan di sini berfungsi sebagai paru-paru kota sehingga udara Kota Magelang selalu segar,dari sini juga anda dapat menikmati pemandangan Kota Magelang dari atas Tugu Akademi Militer.

25 Tempat Wisata Di Magelang Jawa Tengah Selain Borobudur

Taman Kyai Langgeng

Taman Kyai Langgeng merupakan satu-satunya taman di Kota Magelang dengan luas seluruhnya meliputi 28 hektare, letaknya sekitar 1 kilometer dari pusat kota ke arah selatan dan lebih tepatnya di Jalan Cempaka, Magelang, Jawa Tengah. Sekitar 19 Kilometer dari Candi Borobudur, 35 kilometer dari Kopeng atau 50 Kilometer dari Candi Pramabanan dan 42 kilometer dari Monumen Jogja Kembali. Taman wisata Kyai Langgeng ini memiliki ratusan koleksi tanaman langka yang bisa dimanfaatkan sebagai objek penelitian, aneka fasilitas permainan, patung-patung Dinosaurus dalam ukuran asli, serta yang terbaru adalah prototipe pesawat terbang dan juga terdapat berbagai atraksi kesenian daerah maupun musik,  selain arena permainan untuk anak-anak dan keluarga. 

Taman Kyai Langgeng ini terdapat fasilitas Arung Jeram Progo Asri, dikhususkan bagi anda yang menyukai petualangan dengan menelusuri Sungai Progo sepanjang 9 kilometer. Kita akan menikmati suasana pedesaan di tepian Sungai Progo sekaligus menikmati jeram-jeramnya. Petualangan ini bisa dinikmati setiap hari dari pukul 08.00 sampai 14.00 tentu saja dengan melihat kondisi perairan di Sungai Progo. Anda akan didampingi oleh pemandu yang telah berpengalaman serta memperoleh fasilitas lain seperti makan, asuransi dan tranportasi kembali ke pos pemberangkatan.

25 Tempat Wisata Di Magelang Jawa Tengah Selain Borobudur

Taman Badaan

Taman Badaan merupakan salah satu taman yang ada di Jl. Pahlawan selain Kyai Langgeng yang ada di Kota ini. Taman Badaan lebih terpusat pada rekreasi anak - anak, hal ini dibuktikan dengan banyaknya patung gajah, jerapah dan lainnya yang mengundang minat anak-anak. Di sini terdapat beragam jenis bakso, mulai bakso tenis sampai bakso yang super kecil.

25 Tempat Wisata Di Magelang Jawa Tengah Selain Borobudur

Itulah salah satu tempat wisata favorit dan populer yang ada di Kota Magelang. Apakah anda ingin berwisata ke kota tersebut?? Mungkin Destinasi Tempat Wisata diatas dapat menjadi tujuan kunjungan selanjutnya.
Selamat berlibur....:)


Berlangganan untuk menerima update email tempat wisata:

Baca Juga Tempat Wisata Lainnya:



Back To Top